HASIL SURVEI KEPUASAN MAHASISWA JTS PNUP TAHUN 2020

Oleh : AndiCempana Sari Iskandar, S.T., M.T.

A. Pendahuluan

Pelayanan publik kepada mahasiswa di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang (JTS PNUP) sampai saat ini sudah berjalan lancar, akan tetapi masih belum sepenuhnya optimal. Dalam rangka memenuhi kebutuhan data dukung Akreditasi Program Studi di JTS PNUP dan evaluasi perbaikan kualitas pelayanan di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang, maka diperlukan survei kepuasan mahasiswa sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada mahasiswa di JTS PNUP serta bagi pengelola jurusan bisa memperoleh feedback atau masukan dari mahasiswa sebagai pengguna jasa layanan sehingga ke depannya terjadi peningkatan kualitas pelayanan dan proses pembelajaran di Jurusan Teknik Sipil PNUP.

B.  Maksud dan Tujuan

Survei Kepuasan Mahasiswa dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kinerja layanan yang terdiri dari aspek: (1) reliability (keandalan); (2) responsiveness (daya tanggap); (3) assurance (kepastian); (4) empathy (empati); (5) tangibles (sarana-prasarana) kepada mahasiswa di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan pada mahasiswa selanjutnya.

C.  Sasaran

Sasaran survei kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik jurusan adalah mahasiswa dan alumni Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang dengan melibatkan sebanyak 519 orang mahasiswa dan alumni.

D.  Waktu dan Tempat
  1. Waktu Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik dilakukan antara tanggal 28 Agustus – 02 September 2020.
  2. Tempat Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik dilaksanakan di seluruh program studi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang melalui web jurusan.
E.  Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa

Berikut ini hasil survei kepuasan mahasiswa untuk periode Semester Genap 2019/2020. Sampel terdiri dari 4 program studi sebanyak 519 mahasiswa dan alumni Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang.

PROFIL RESPONDEN
Gambar 1. Diagram hasil survei berdasarkan prodi
Gambar 2. Diagram hasil survei berdasarkan Jenis kelamin

Jumlah responden sebanyak 519 mahasiswa terdiri dari 52% laki-laki dan 48% perempuan. Responden yang diambil berdasarkan prodi adalah 125 orang (24%) dari prodi Teknik Konstruksi Gedung, 138 orang (27%) dari prodi Jasa Konstruksi, 157 orang (30%) dari prodi Teknik Konstruksi Sipil, 82 orang (16%) dari prodi Perancangan Bangunan Gedung, dan 17 orang (3%) dari alumni.

1. Reliability (keandalan)

Tujuan survei ini adalah untuk mengevaluasi kepuasan  mahasiswa terhadap aspek keandalan dosen, tenaga pendidikan, dan pengelola di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Keandalan yang dimaksud di sini adalah kemampuan dosen, tenaga pendidikan, dan pengelola di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang dalam memberikan pelayanan mencakup konsistensi kerja (performance), memberikan pelayanan secara tepat, bekerja sesuai tupoksi, dan ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan. Hasil dari survei ini akan digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas layanan dan proses pembelajaran terhadap aspek keandalan di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Secara umum hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap aspek reliability (keandalan) adalah sebagai berikut:

Gambar 3. Diagram hasil survei berdasarkan aspek Reliability
2. Responsiveness (daya tanggap)

Tujuan survei ini adalah untuk mengevaluasi kepuasan mahasiswa terhadap aspek responsiveness (daya tanggap) dosen, tenaga pendidikan, dan pengelola di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Responsiveness (daya tanggap) yang dimaksud di sini adalah kemauan dari dosen, tenaga pendidikan, dan pengelola di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang dalam membantu mahasiswa serta memberikan jasa dengan cepat dalam memberikan pelayanan. Hasil dari survei ini akan digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas layanan dan proses pembelajaran terhadap aspek responsiveness (daya tanggap) di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Secara umum hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap aspek responsiveness (daya tanggap) adalah sebagai berikut:

Gambar 4. Diagram hasil survei berdasarkan aspek Responsiveness
3. Assurance (kepastian)

Tujuan survei ini adalah untuk mengevaluasi kepuasan mahasiswa terhadap aspek assurance (kepastian) dosen, tenaga pendidikan, dan pengelola di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Assurance (kepastian)  yang dimaksud di sini adalah kemampuan dosen, tenaga pendidikan, dan pengelola di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan, mencakup pengetahuan, kesopanan, kemampuan, dan sifat dipercaya dalam memberikan pelayanan. Hasil dari survei ini akan digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas layanan dan proses pembelajaran terhadap aspek assurance (kepastian) di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Secara umum hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap aspek assurance (kepastian) adalah sebagai berikut:

Gambar 5. Diagram hasil survei berdasarkan aspek Assurance
4. Empathy (Empati)

Tujuan survei ini adalah untuk mengevaluasi kepuasan mahasiswa terhadap aspek empati dosen, tenaga pendidikan, dan pengelola di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Empati yang dimaksud di sini adalah kesediaan/kepedulian dosen, tenaga pendidikan, dan pengelola di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang untuk memberi perhatian kepada mahasiswa, mencakup kemudahan dalam melakukan hubungan, komunikasi yang baik, serta memahami kebutuhan mahasiswa dalam memberikan pelayanan. Hasil dari survei ini akan digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas layanan dan proses pembelajaran terhadap aspek empati di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Secara umum hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap aspek empati adalah sebagai berikut:

Gambar 6. Diagram hasil survei berdasarkan aspek Empathy
5. Tangibles (Sarana-prasarana)

Tujuan survei ini adalah untuk mengevaluasi kepuasan mahasiswa terhadap aspek tangibles (sarana-prasarana) di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Tangibles (sarana-prasarana) yang dimaksud di sini adalah penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesbilitas, dan kualitas sarana prasarana di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Hasil dari survei ini akan digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas layanan terhadap aspek tangibles (sarana-prasarana) di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang. Secara umum hasil survei kepuasan mahasiswa terhadap aspek tangibles (sarana-prasarana) adalah sebagai berikut:

Gambar 7. Diagram hasil survei berdasarkan aspek Tangibles